Bantuan

Mengenal SInTA

SInTA adalah sistem temu kembali dokumen-dokumen tugas akhir mahasiswa UKDW Yogyakarta. Kemampuannya seperti halnya mesin pencari google, yahoo atau sejenis, namun dengan menekankan pada karakteristik metadata tugas akhir. Aplikasi ini berbasis j2ee, alfresco dan lucene. SInTA dirancang dan dikerjakan secara mandiri oleh mahasiswa dan dosen UKDW, dan merupakan proyek yang didanai dan diprakarsai oleh unit Perpustakaan UKDW.
Pengembangan SInTA versi 1.0 mulai dari analisis sampai selesai diselesaikan dalam waktu 2 bulan penuh, yaitu mulai Agustus 2009 - September 2009.

Kami menyadari masih banyak dokumen yang tidak sempurna ketika disajikan karena beberapa hal seperti format dan tipe font yang tidak standar. Karena itu, jika sekiranya ada dokumen yang datanya tidak lengkap, tidak tersaji dengan baik, atau mungkin ada hal lain yang akan disampaikan kepada kami melalui Admin SInTA, Anda dapat menuliskan masukan atau pesan Anda dengan klik ikon kertas pada awal baris bagian informasi lanjut. Hal ini dapat dilakukan jika Anda menggunakan akun Anda (login). Untuk masukan yang Anda berikan, kami ucapkan terima kasih.

DISCLAIMER:

Semua data-data yang terdapat pada SinTA telah disesuaikan dengan format SinTA, sehingga jika terdapat dokumen-dokumen yang formatnya berbeda dari aslinya, hal itu dilakukan dengan tujuan semata-mata penyesuaian format saja. Kami tidak melakukan pengubahan isi dokumen sama sekali.

SInTA juga dapat diakses melalui piranti ponsel Anda dan memberikan format tampilan yang menyesuaikan dengan keterbatasan dari piranti ponsel yang Anda gunakan. Walaupun fasilitas yang diberikan untuk piranti ponsel masih terbatas, namun SInTA masih dapat membantu untuk menemukan informasi Tugas Akhir dari mahasiswa UKDW yang ingin Anda cari dengan cara mudah, dimanapun dan kapanpun.

Anda dapat menambahkan Search Engine SInTA pada search bar di Firefox. Silahkan klik SInTA Search Engine untuk menambahkannya.

SInTA menerapkan profile pemakai yang berbeda-beda. Jika Anda tidak memiliki user account sama sekali, Anda masih tetap dapat melakukan pencarian tugas akhir UKDW, namun informasi yang diberikan hanya sebatas untuk abstraksi, bab1, bab 5 dan daftar pustaka tugas akhir. Untuk dapat melihat semua bab maka Anda harus memiliki user account.
Untuk mendapatkan user account, bagi Mahasiswa/Bapak/Ibu Dosen, silahkan mengirimkan email ke sinta{at}ukdw{dot}ac{dot}id dengan menggunakan email account domain .ukdw.ac.id. User account berlaku selama 1 tahun sejak user account diberikan. Jika masa berlaku habis, silahkan mengirim email ke sinta{at}ukdw{dot}ac{dot}id untuk perpanjangan masa berlaku.

Pencarian dokumen Tugas Akhir dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa bentuk pernyataan. Pada intinya sistem ini memanfaatkan operator logika AND, OR, dan NOT sebagai basis operasi pencariannya dan memanfaatkan metadata dokumen. Metadata dokumen yang dapat digunakan untuk pencarian adalah : NIM, dosen1, dosen2,thn dan judul.

Tips yang diinformasikan pada halaman ini, juga berlaku ketika Anda mengakses SInTA dari ponsel.

Berikut beberapa ekspresi yang dapat digunakan dalam sistem SInTA ini :

Pencarian istilah/nama yang tepat sesuai

Pencarian dokumen Tugas Akhir berdasar kata kunci yang diinginkan tepat sesuai menggunakan karakter " (double quote) untuk mengapit kata kunci yang dicari.

Contoh 1: "jaringan komputer"
Menghasilkan hasil pencarian yang mengandung kata "jaringan komputer" pada judul atau abstrak.

Contoh 2: judul:"jaringan komputer"
Kombinasi dengan metadata judu menghasilkan hasil pencarian yang judulnya mengandung "jaringan komputer"

Rentang waktu (tahun)

Pencarian dokumen Tugas Akhir berdasar rentang nilai yang terkait dengan metadata tertentu, seperti: thn (untuk tahun lulus mahasiswa).
Contohnya: thn:[2005 TO 2007]

Operator Logika

Pencarian yang memanfaatkan operator logika Boolean: AND, OR, dan NOT. Di sini Anda dapat menambahkan flag + untuk menyatakan kata kunci yang harus ada pada hasil pencarian dan flag – untuk mengabaikan kata kunci yang ditetapkan.

Contoh 1: dosen1:"Djohan" AND dosen2:"Kisworo"
menghasilkan tugas akhir yang dibimbing oleh kedua dosen tersebut.

Contoh 2: "analisis kelayakan" AND Yogyakarta
menghasilkan tugas akhir yang mengandung dua kata kunci tersebut dalam judul dan/atau abstrak.

Contoh 3: dosen2:"Parmonangan Manurung" +dosen1:"Titien Saraswati"
menghasilkan tugas akhir yang pasangan dosen pembimbing kedua nama di atas dan pasangan lain yang salah satunya adalah "Titien Saraswati"

Contoh 4: "sikap konsumen" -produk
menghasilkan tugas akhir mengandung kata "sikap konsumen" tetapi tidak ada kata "produk".

Pemanfaatan Metadata

Pencarian dengan memanfaatkan metadata NIM, dosen1, dosen2, dan judul. Contoh 1: nim:22002327
Contoh 2: dosen1:"Marbudyo Tyas Widodo"
Contoh 3: dosen2:"Parmonangan Manurung"
Contoh 4: judul:"peranan televisi"
Contoh 5: thn:2010

Pemanfaatan Karakter Asterisk (*)

Pencarian dokumen yang mengandung kata-kata yang dimulai dengan suatu kata kunci diikuti dengan karakter khusus seperti asterisk (*) untuk mewakili sembarang karakter.
Contoh: judul:kompresi*

Setiap dokumen isi tugas akhir akan ditampilkan dalam bentuk dokumen flash, sehingga dokumen hanya dapat di baca di layar saja dengan tetap memperhatikan kenyamanan membaca. Diharapkan pemakai SInTA tidak melakukan tindakan-tindakan yang melanggar hak cipta dari tugas akhir yang ditampilkan dan dikembalikan oleh sistem SInTA.

Mahasiswa yang telah menyelesaikan tugas akhirnya (skripsi atau thesis) diwajibkan untuk mengumpulkan tugas akhir dalam bentuk digital berformat .doc ke Unit PPTPM. Prosedur pengumpulan adalah sebagai berikut:

  1. Isi Formulir Pendaftaran Pengumpulan Dokumen Skripsi/Tesis/Disertasi UKDW

  2. Serahkan dokumen tugas akhir berekstensi .doc dan .pdf ke petugas sesuai rincian berikut:

    1. sampul.pdf dan sampul.doc: berisi halaman judul,daftar isi,daftar tabel,daftar lampiran, ucapan terima kasih.

    2. abstrak.pdf dan abstrak.doc: berisi halaman abstraksi

    3. pustaka.pdf dan pustaka.doc: berisi daftar pustaka

    4. lampiran.pdf dan lampiran.doc:berisi lampiran

    5. sementara bab 1 hingga bab 5 isinya sesuai dengan format yang ditetapkan program studi.

    6. penamaan file bab 1 - bab 5 :
      bab_1.pdf dan bab_1.doc
      bab_2.pdf dan bab_2.doc
      bab_3.pdf dan bab_3.doc
      bab_4.pdf dan bab_4.doc
      bab_5.pdf dan bab_5.doc

SInTA versi 1.0 release awal sistem SInTA ke publik di masa Dies Natalis UKDW yang ke 47 bulan Oktober 2009.

SInTA versi 1.0.1 telah dilengkapi dengan fasilitas autocomplete untuk item Bidang minat, dosen pembimbing 1 dan dosen pembimbing 2 dalam bagian "Penelusuran Lanjutan". Dengan fasilitas ini, pemakai cukup mengetikkan nama yang akan di cari, maka secara otomatis SInTA akan menampilkan daftar nama lengkap dosen. Demikian juga untuk Bidang minat.

SInTA versi 1.0.2 dilengkapi dengan informasi total judul tugas akhir di tiap prodi yang tercatat pada sistem SInTA, dan juga total jumlah dokumen yang terindek oleh sistem ini. Informasi ini tersedia di halaman utama.

SInTA versi 1.1.0 (beta) telah ditambahkan kemampuan untuk menyesuaikan tampilan dan kemampuannya sesuai dengan piranti/browser yang digunakan oleh pemakai, apakah dari PC ataukah dari piranti ponsel. Untuk tampilan pada piranti ponsel disediakan informasi yang utama saja, dimana pemakai tidak dapat melakukan login, melihat isi bab, dan juga tidak dapat melakukan pencarian lanjutan sepertinya yang tersedia jika diakses dari PC/Notebook/Netbook. Dengan tambahan ini, diharapkan lebih dapat membuka akses yang lebih luas kepada mahasiswa dan dosen, dimanapun dan kapanpun. Telah di uji coba pada ponsel Nokia dan SonyEricsson.

SInTA versi 1.1.0 telah diujikan pada beberapa browser ponsel, seperti OperaMini, Android, dan iPhone/iPod Touch. Untuk BlackBerry masih tidak dapat mengakses sinta.ukdw.ac.id. Dugaan sementara karena Blackberry sepertinya tidak dapat akses web site dengan port selain 80.

SInTA versi 1.2.0 (beta) telah disediakan web service yang menerapkan protokol RESTful. Dengan adanya web service ini, pemakai dapat memanfaatkan fasilitas SInTA secara lebih custom. Untuk dapat menggunakan layanan ini, pemakai harus memiliki user account terlebih dahulu, kemudian menghasilkan Kunci akses API sendiri melalui menu "Kunci API". Kunci ini bersifat unik untuk tiap pemakai, dan berlaku selama user account pemakai aktif. Untuk jumlah pengakses dibatasi maksimum 1000 kali pemanggilan tiap harinya. Sedangkan untuk layanan query, hasil yang dikembalikan dibatasi hanya maksimum 150 data untuk sekali query. Spesifikasi WADL dari SInTA Web Service dapat dilihst di sini. Contoh pemrograman dengan VB.NET dan Java telah tersedia.

SInTA versi 1.3.0 telah ditambahkan fasilitas penterjemahan dari Indonesia - Inggris dan sebaliknya untuk setiap ringkasan abstraksi yang ditampilkan dalam hasil pencarian. Fasilitas ini memanfaatkan layanan Google Translate.

SInTA versi 1.3.1 telah memiliki Search Engine Addon dengan format OpenSearch untuk FF dan MS IE 7 ke atas. Silahkan klik SInTA Search Engine untuk pemasangan Search Engine Addon ini. SInTA Search Engine Addon

SInTA versi 1.3.5 terdapat perubahan URL untuk layanan RESful SInTA. Mohon membaca kembali dokumen WADL SInTA terbaru. Pada versi ini telah ditambahkan "permanent link" untuk tiap judul skripsi.

SInTA Google Gadget versi 1.0Alfa Untuk lebih memudahkan mengakses sinta, selain dari browser ponsel, browser desktop, sekarang telah tersedia sebuah gadget yang secara khusus dijalankan di atas Google Desktop. Jika Anda ingin mencoba SInTA berada lebih dekat dengan Anda, silahkan pasang dan tambahkan SInTA Gadget di Google Desktop Anda. (untuk pemakai Google Gadget Linux silahkan download versi linux).

Sinta Gadget  Sinta Gadget

SInTA 1.3.6 per tanggal 13 April 2010 dokumen yang dapat diakses oleh pemakai umum adalah bab 1, bab 5 dan daftar pustaka, selain abstraksi. Semoga dapat lebih memberikan manfaat.

SInTA 1.3.7 per tanggal 1 Desember 2010 jika Anda adalah mahasiswa dan dosen UKDW, maka Anda dapat membaca seluruh isi dari setiap dokumen TA pada setiap hasil pencarian. SInTA versi mobile juga sudah dapat diakses dari piranti Blackberry.

SInTA 1.3.8 Pembetulan beberapa kesalahan sistem dan penambahan modul feedback. Anda sekarang dapat terlibat dalam penyempurnaan SInTA dengan cara mengisikan masukan/komentar untuk tiap judul TA yang dirasa ada kekurangan atau kesalahan data/sistem. Kami tunggu peran serta Anda.

SInTA 1.3.9 (Feb 2, 2011) Update terhadap beberapa pustaka yang digunakan, sekaligus memperbaiki tampilan dan isi halaman bantuan. Pada versi ini ditambahkan juga halaman khusus untuk penanganan Exception dari sistem serat pembenahan terhadap Captcha.

SInTA 1.4.0 (Feb 7, 2011) SInTA telah diupdate untuk penerapan pustaka Lucene dan pustaka lain ke versi yang lebih baru. Mulai versi ini diuji cobakan fasilitas highlight terhadap kata yang dicari untuk Judul dan abstraksi. Pada versi ini juga dilakukan penambahan fasilitas melihat abstraksi penuh untuk versi SInTA Mobile.

SInTA 1.5.0 (Jul 1, 2013) SInTA telah mengalami pembaruan dalam "mesin"-nya. Pertama telah mengadopsi midleware Hibernate untuk menangani koneksi pooling ke database. Dengan penerapan Hibernate diharapkan dapat memberikan hasil koneksi yang lebih "mapan". Kedua adanya pembaruan "mesin" pencari Lucene ke versi 3.6 yang merupakan perbaikan dari versi 2.9.6. Selain usaha perbaikan "mesin", SInTA juga terpaksa menghilangkan fasilitas penterjemahan otomatis oleh karena layanan API Google Translate mengalami perubahan disclaimer menjadi berbayar.

SInTA 1.5.1 (Jul 23, 2013) SInTA telah menerapkan mekanisme registarsi pengumpulan berkas Skripsi/Thesis/Disertasi yang baru. Pada versi ini juga terdapat pembaharuan terhadap tampilan versi mobile yang lebih mudah untuk digunakan dari perangkat bergerak.

SInTA 1.5.2b (Aug 1, 2013) Telah dilakukan penambahan fasilitas untuk mengunduh file Bab 1 dari halaman permanent link tiap mahasiswa. Fasilitas ini masih dalam tahap pengujian beta.

SInTA 1.6.0b (Aug 5, 2013) SInTA telah menerapkan protokol OAI-PMH dengan menggunakan framework XOAI (lyncode). Dengan penambahan ini, SInTA berlaku sebagai Repository Data Provider bagi OAI Harvester (Service Provider), walaupun masih dalam tahap beta. Layanan OAI-PMH SInTA dapat diakses di SInTA OAI-PMH




Pengembangan SInTA UKDW didukung oleh:

Alfresco   Tomcat   Lucene   Hibernate   swfobject   LyncCode   UKDW