logo sinta
ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP SABUN DETERGEN DAIA DIBANDINGKAN DENGAN SABUN SURF DAN SO KLIN DI WILAYAH KALIURANG BARAT YOGYAKARTA

Oleh: (11952020)
Dosen Pembimbing: INSIWIJATI PRASETYANINGSIH,

Abstraksi

ABSTRAK Banyaknya produk yang ditawarkan perusahaan kepada konsumen mengakibatkan konsumen semakin selektif dalam memenuhi kebutuhannya. Sikap konsumen terhadap masing-masing barang produksi mempengaruhi kebijakan pasar perusahaan. Oleh karena itu berdasarkan perubahan sikap konsumen terhadap suatu produk barang, peneliti mencoba untuk mengetahui bagaimana sikap konsumen dan atribut yang paling berperan dalam pertimbangan konsumen untuk mengkonsumsi sabun deterjen Daia. Dari beberapa definisi yang ada, sikap berguna bagi pemasaran dalam banyak cara, sabagai contoh, sikap kerap digunakan untuk menilai kegiatan keefektifan pemasaran, sikap dapat pula membantu mengevaluasi tindakan pemasaran sebelum dilaksanakan di dalam pasar. Sikap mempunyai peranan penting sehingga selalu menjadi titik pusat perhatian strategi pemasaran. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kaliurang Barat Yogyakarta yaitu Desa Hargobinangun, Kabupaten Sleman, Propinsi D.I Yogyakarta. Sample diambiI dari 100 konsumen di desa tersebut, pengambilan sample dengan metode Random Sampling. Pemilihan satu desa dengan alasan desa tersebut yang mernpunyai heterogenitas penduduk mulai dari jenis keiamin, umur, pekerjaan, tingkat pendapatan dan lain-lain. Metode dasar yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu obyek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa sikap konsumen terhadap atribut Sabun Deterjen Daia dipandang lebih balk dibandingkan dengan Sabun Deterjen Surf dan So Klin. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan Sabun Deterjen Daia mempunyai atribut Iebih baik dibandingkan dengan Sabun Deterjen Surf dari So Klin terbukti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sikap konsumen terhadap beberapa merek sabun deterjen berbeda-beda. Atribut yang paling penting dalammenentukan sikap konsumen adalah Daya sabun dan Wangi sabun. Ini berarti konsumen tidak melihat sabun dari murahnya harga sabun tetapi manfaat dari sabun tersebut.

File: Bagian Pendahuluan
Citation APA Style:

Prasetyo, J.B. (2004). Analisis Sikap Konsumen Terhadap Sabun Detergen Daia Dibandingkan Dengan Sabun Surf Dan So Klin Di Wilayah Kaliurang Barat Yogyakarta. (Undergraduate thesis, Duta Wacana Christian University, 2004). Retrieved from http://sinta.ukdw.ac.id

Find us on Google+